28 November 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Tumbuhkan Minat Baca Anak,, Satgas TMMD ke- 110 Bawa Mobil Pusling di SDN 1 Bilas

 1,423 total views,  4 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id …. Program Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan  status sosial ekonomi dan budaya pada suatu Daerah.

Sejalan dengan tugas pokok tersebut, Satgas TMMD ke-110 Tahun 2021 telah menunjukan karya bakti nya melaksanakan Sasaran fisik seperti pembukaan badan jalan  sepanjang 3.4 KM dan membangun infrastruktur lainnya  sebagai penunjang dari kegiatan ini.

Selain melaksanakan Sasaran fisik , sasaran non fisik pun dilakukan misalnya,  mencerdaskan anak -anak tingkat Dasar  dengan program Perpustakaan keliling .

Berdasarkan pemantauan dilapangan  lokasi TMMD ke 110 Kodim 1008 Tanjung Desa Lokbatu Kecamatan Haruai ( 19/03) Satgas TMMD datangi SDN 1 Bilas dengan membawa Mobil Perpustakaan Keliling.  Perpustakaan keliling bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan kepada anak-anak di tingkat Dasar .

Kepada tribuneplus.co.id  Sertu Zainal  salah satu Anggota Satgas TMMD ke- 110 mengatakan, Perpustakaan merupakan institusi atau lembaga yang menyediakan koleksi bahan pustaka tertulis, tercetak dan terekam sebagai pusat sumber informasi yang diatur menurut sistem dan aturan yang baku dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian penyebaran informasi dan rekreasi intelektual bagi peserta didik maupun masyarakat,

Perpustakaan keliling bisa memberikan pelayanan informasi yang tepat dan merata, Sehingga anak- anak dapat belajar  dan meningkat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

” Kita perkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada anak- anak dengan tujuan menumbuh kembangkan budaya baca dan mengembangkan cinta buku pada anak serta  meningkatkan kemampuan intelektual pada masa yang akan datang ”  kata sertu Zainal

Salah satu peserta didik Kelas V SDN 1 Bilas Zainap Larasati mengatakan, senang sekali dengan adanya mobil perpustakaan keliling yang datang karena buku buku yang ada di perpustakaan sekolahnya masih sangat terbatas, sehingga dirinya sangat bersemangat membaca buku buku yang ada mobil di pusling, ” saya sangat senang membaca buku buku sejarah perjuangan bangsa Indonesia, katanya ( pedim 1008 Tanjung )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas