28 November 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Polres Tabalong Siap Amankan Pemilu 2024

 1,301 total views,  4 views today

TANJUNG,TRIBUNEPLUS.CO.ID Situasi dan keamanan Pemilu 2024, bakal lebih kompleks. Namun, dia memastikan, Polri akan mengantisipasi setiap gangguan keamanan dalam pesta demokrasi yang akan dilakukan serempak untuk pemilihan umum tersebut.

Hal ini terungkap saat Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K  menjadi nara sumber memberikan penjelasan tentang peranan Polri, khususnya Polres Tabalong dalam kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2024, Jumat (23/09/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Tabalong diwakili Kepala Kesbangpol Ahmad Rahadian Noor, S. STP, M. Si, Dandim 1008 Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P., M.Si., M.Tr.Han, Ketua Bawaslu Hirsan, S.Pd, Komisioner Bawaslu Mahdan Basuki, S.Pd, dan Fahmi Fillasofa S.Pdi, Kabag Ops Polres Tabalong Kompol Hendra Sumala Sartio S.E, S.I.K, M.H, Kasat Intelkam Polres Tabalong AKP Tatang Suryawan, Kasi Hukum Polres Tabalong AKP Pinayungan Siregar, SH, Koorsek Bawaslu Tabalong Abdul Muthalib S.Sos, Para Camat, Ketua PC Muhammadiyah Hasan Mugani, Perwakilan NU, Ketua KNPI, Perwakilan FKUB, Perwakilan FKDM, Perwakilan Pramuka, Perwakilan KAHMI, Perwakilan FORKOD LSM, Perwakilan BEM STIA, Perwakilan BEM STIT SMN, Perwakilan Alumni SKPP dan Perwakilan Penyandang Disabel kabupaten Tabalong.

Kapolres Tabalong berharap jaga dan sukseskan pemilu mendatang untuk mendapat pemimpin yg diharapkan, kami Polri dan TNI Netral dan akan mengawal serta menjaga pelaksanaannya agar tetap kondusif.

Kapolres Tabalong Menjelaskan dasar pijakan dalam menjalankan tugas pokok polri sebagaimana UURI No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,memahami dan mempedomani UURI No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.

dijelaskan juga bahwa strategi pencegahan guna menghindari adanya gangguan nyata, maka Polres Tabalong menggunakan 3 (Tiga) strategi jangka pendek, mulai Bulan Juni 2022 ini sampai dengan Mei 2023,

Strategi jangka menengah Bulan Juni 2023 sampai dengan Mei 2024 dan strategi jangka panjang dari Bulan Juni 2024 sampai dengan selesai Pemilu 2024.

Kemudian strategi jangka pendek ini Polres Tabalong secara internal telah melakukan giat koordinasi tingkat Polda, menerima kunjungan kerja dan petunjuk arahan dari pimpinan, melaksanakan potensi kerawanan setiap tahapan dengan data.

Tingkatkan giat latihan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), dimana ada kondisi chaos, gelar sarana prasarana untuk mengetahui kondisi peralatan pendukung utama dan khusus.

Selain itu giat pelatihan dan simulasi internal untuk meningkatkan pengetahuan para penyidik Gakkumdu Polres Tabalong.

Terkait kerjasama dan koordinasi Polres Tabalong dengan instansi terkait, tentunya mengutamakan teori 3K (Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi) Baik dengan Media, Partai Politik selalu peserta pemilu, KPU, Bawaslu, Pemkab, Kodim 1008 Tabalong.

Pemilu 2024 nantinya, pada kesempatan akademis, forum – forum diskusi, pihak penyelenggara serta dari partai politik sendiri untuk bersama – sama tingkatkan giat edukasi kepada masyarakat bahwa partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya guna mensukseskan Pemilu 2024. (rellpolrestab)

Editor: RiyanMaulana.tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas