28 September 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Petugas Gabungan Monitoring , Hewan Ternak ( Sapi ) di duga Terserang PMK

 2,377 total views,  2 views today

TANJUNG,TRIBUNEPLUSCO.ID Petugas gabungan lakukan giat Imbauan, monitoring dan penyemprotan disinfektan kandang hewan ternak sapi dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut serta Kuku (PMK) pada hewan ternak di Tabalong umumnya, khususnya Desa Kambitin Raya, Kecamatan Tanjung pada Selasa (9/08/2022) siang.

Kegiatan ini dilakukan petugas gabungan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tabalong dan personel Polres Tabalong yang terlibat dalam Satgas Operasi Aman Nusa II Intan Polres Tabalong Penanganan Pencegahan PMK.

Petugas kali ini mendatangi kelompok ternak sapi di Desa Kambitin Raya, Tanjung, Tabalong yang bernama “Rukun Makmur”.

Pimpinan Drh. Mega Indah Suryani, M.Vet bersama tim yang didampingi KBO Satuan Samapta Polres Tabalong, KBO Sat Intelkam Polres Tabalong Ipda Hartanto dan Paur Dalops Bagops Polres Tabalong Ipda Ade Faridi beserta anggota.

Ketua Kelompok ternak Rukun Makmur adalah Pak Jiman (60). Warga Kambitin Raya, Rt. 05. Yang ber anggota 60 orang jumlah kandang milik Kelompok ternak Rukun Makmur sebanyak 60 buah. Hewan ternak sapi keseluruhan yang ada dikandang 200 ekor hewan sapi.

Adapun kegiatan yang dilakukan Tim Disbunnak yakni melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap seluruh hewan ternak sapi dan penyemprotan disinfektan kandang hewan ternak milik kelompok ternak Rukun Makmur.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama membenarkan Selasa (8/08/2022) Polres Tabalong dan Disbunnak Tabalong melakukan kegiatan Penanganan dan Cegah PMK di wilayah Kecamatan Tanjung, Tabalong.

“Kami himbau kepada peternak di Wilayah Kabupaten Tabalong jangan panik dengan situasi kondisi terhadap penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak. Apabila menemukan gejala – gejala mengarah ke PMK agar segera melaporkan kepada Disbunnak Tabalong untuk penanganan lebih lanjut”, ucapnya.

Lanjut Drh. Mega Indah Suryani, M.Vet dari Disbunnak Tabalong “Disarankan kepada Ketua kolompok ternak Rukun Makmur di Desa Kambitin Raya, untuk sementara tidak membeli hewan ternak sapi dari luar daerah guna mengantisipasi dan pencegahan penularan PMK terhadap hewan ternak sapi milik kelompok ternak sapi Rukun Makmur”, tutur nya. ( rel )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas