28 September 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

DPD KNPI Tabalong Segera Bentuk Bidang Kewirausahaan

 1,181 total views,  2 views today

TANJUNG TRIBUNEPLUS.CO.ID Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabalong segera membentuk badan khusus organisasi di bidang wirausaha yakni “Pemuda Tabalong Enterpreneur”.

Pembentukan badan ini sesuai dengan ketentuan anggaran dasar Komite Nasional Pemuda Indonesia KNPI memiliki empat fungsi diantaranya, KNPI sebagai wadah perjuangan pemuda dalam kehidupan kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan, berfungsi sebagai forum komunikasi dan penyalur aspirasi Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dalam meningkatkan derajat, taraf hidup, status dan kesejahteraan sosial, Sebagai perekat kemajemukan pemuda, sekaligus sebagai laboratorium kader bangsa yang independen.

Dihadapan sejumlah wartawan Ketua DPD KNPI Tabalong, Ari Wahyu Utomo mengatakan, badan khusus ini nantinya akan menampung dan melakukan pembinaan jangka panjang kepada pemuda pemudi di Tabalong

“Jadi bagi anak muda yang sedang atau ingin menjalankan usahanya namun perlu pembinaan silahkan nanti bergabung dengan kita di Pemuda Tabalong Enterpreneur,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Ari ini, dibentuknya Badan Khusus Pemuda Tabalong Enterpreneur atas dasar beratnya persaingan mencari kerja di masa sekarang sehingga membuat berwirausaha menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakoni oleh anak muda khususnya bagi mereka yang baru saja lulus sekolah atau kuliah.

Tak hanya itu, bahkan saat ini berwirausaha juga bahkan kerap dijadikan sebagai pundi – pundi penghasilan tambahan bagi sejumlah karyawan swasta maupun pemerintahan.

“Apalagi saya dengar di 2023 nanti tenaga honorer akan dihapus pemerintah yang berdampak akan semakin minimnya lapangan pekerjaan. Untuk itu berwirausaha tentunya dapat menjadi pilihan alternatif serta dapat menyerap tenaga kerja baru,” ujarnya.

Bang Ari menambahkan, rencananya Badan Khusus Pemuda Tabalong Enterpreneur ini akan diluncurkan paling lambat pada Oktober 2022 nanti.

Kemudian sebagai sample project atau percontohan dari aksi nyata Pemuda Tabalong Enterpreneur, pembinaan dilakukan terlebih dahulu kepada KNPI Komisariat dari Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi (STIA) dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tabalong.

Mahasiswa dari kedua kampus tersebut akan membuka usaha angkringan di halaman kantor DPD KNPI Tabalong di Stadion Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong.

“Kita akan memulai dari sayap organisasi kita dulu baru nanti akan merambah ke masyarakat umum,”ujarnya (rel )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas