28 September 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Secara Resmi Membuka Rekonsiliasi Pelaporan Aset Daerah

 987 total views,  2 views today

TANJUNG, TRIBUNEPLUS.CO.ID .. Untuk menyusun pelaporan  Aset daerah, sesuai harapan  Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan rekonsiliasi selama tiga hari dari tanggal 13 – 15 Juli 2022 di Hotel Daffam Banjarbaru, peserta terdiri dari 41 Bendahara dari SKPD  se- Kabupaten Tabalong.

Kegiatan ini di buka  secara resmi oleh  Sekretaris Daerah H. Abdul Muthalib Sangadji, dengan tujuan dapat menghasilkan pelaporan Barang Milik Daerah yang baik dan benar. dikarenakan laporan Aset Daerah atau Barang Milik Daerah sangat erat kaitannya dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang di audit setiap tahunnya oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. ” pelaporan yang baik dan benar merupakan poin penting keluarnya Opini dari BPK RI” Jelas H. A. M. Sangaji.

Sekretaris Daerah H.Abdul Mutalib Sangaji  usai membuka Rekonsiliasi Pelaporan Aset Daerah  menambah,  kepada seluruh kepala  SKPD untuk memberi perhatian serius dalam hal pengelolaan, pencatatan hingga pelaporan aset yang ada di unit kerjanya.

Saya menilai  pengelolaan aset Pemerintah Kabupaten Tabalong sudah berjalan dengan baik seiring diperolehnya opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 8 tahun berturut – turut.

“Namun manajemen aset masih menjadi momok auditor setiap tahunnya, jadi harus serius tidak boleh kendor”, tambah Sekda Tabalong.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPKAD Kabupaten Tabalong M Zainal Arifin saat dikonfirmasi mengatakan, penyelenggaraan Rekonsiliasi Laporan Aset Pemerintah Daerah dengan peserta  terdiri dari Bendahara Barang dan pengurus barang dari 41 SKPD se Kabupaten Tabalong.

Materi yang dipelajari tentang management aset yang sesuai dengan aturan perundang – undangan yang berlaku. Sehingga nantinya akan tersusun neraca aset dengan pencatatan yang baik dan mendekati kebenaran.

” Kegiatan ini menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan pengelolaan aset kita”, jelas Kepala Badan PKAD Kabupaten Tabalong. ( rel )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas