11 Agustus 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

KOMISI I DPRD Tabalong Kunjungi SDN 3 Balimbing Raya

 2,622 total views,  2 views today

TANJUNG, TRIBUNEPLUS.CO.ID .. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) melalui Komisi I  Melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) 3  Balimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong untuk melihat secara langsung proses belajar mengajar, sekaligus berdialog bersama sejumlah guru tentang  kekurangan ruang kelas pada SDN tersebut.

Kunjungan kerja di pimpin oleh ketua Komisi I DPRD. H. Supiani, S.Pd, bersama Anggota Komisi I dr. H. Rusli Thamrin, Murjani S.Hi, M.Si dan Zaenal Elmi Mahrudi SE, didamping Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar H. Hasbi.( Jumat/10/6/22 )

Kehadiran Anggota DPRD Tabalong, Komisi I disambut langsung oleh  Kepala Sekolah SDN 3 Balimbing Raya, Hj. Maswah, A.Pd,MM  serta Seluruh Dewan Guru SDN 3 Balimbing Raya.

Menurut ketua Komisi I DPRD Tabalong  H Supiani S.Pd dalam kunjungan kerjanya  menjelaskan, kunjungan kerja anggota DPRD Komisi 1 ke SDN ini merujuk pada laporan yang diterima, bahwa keberadaan SDN 3 Balimbing Raya  kekurangan ruang kelas/ atau  jumlah murid  tidak sebanding dengan ruang kelas yang ada. ” kami meminta kepada Dinas pendidikan agar menambah ruang kelas sehingga proses belajar dan mengajar dapat berjalan sesuai harapan” kata ketua Komisi 1.

Masih menurut Ketua Komisi 1 DPR  Kabupaten Tabalong menambahkan terkait dengan keinginan dewan guru menambah lokal, pihak nya  akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan agar memasukan dalam Renja pada tahun depan,  diakui,  tahun  2022 tidak mungkin melakukan penambahan lokal dikernakan anggaran sudah berjalan, ” DPRD janji tahun depan kita akan lakukan penambahan lokal agar proses belajar dan mengajar bisa berjalan sesuai harapan” ujar ketua komisi 1

Pada kesempatan yang sama Anggota DPRD Kabupaten Tabalong  Komisi 1 Murjani, S.Hi, M.Si menambahkan, sesuai dengan surat yang diterima oleh DPRD tantang  pembangunan atau penambahan lokal, sebenarnya bukan bagian dari topoksi komisi 1 melainkan bagian Komis II , namun dalam surat tersebut tertulis masalah pendidikan, sedangkan untuk pendidikan nya merupakan bagian dari tugas komisi 1.

Dalam kunjungan kerja tersebut, anggota DPRD Kabupaten Tabalong, Komisi 1 juga mempertanyakan kepada sekolah tentang anak yang berkebutuhan khusus” jika ada, maka dinas pendidikan harus menyiapkan tenaga pendidik yang mengajarkan anak berkebutuhan khusus” Dinas pendidikan  harus menyiapkan tenaga pendidik memiliki keahlian pendidikan anak berkebutuhan khusus” ujar Murjani

Hal senada juga di katakan  oleh Anggota Komisi I dari fraksi partai Golkar Zaenal Ilmi Mahrudi. SE setiap sekolah diharapkan memiliki tenaga pendidik  mempunyai keahlian bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus ( ABK ). Selain itu  diharapkan setiap sekolah tidak boleh tidak boleh melebihi kapasitas.

Pada kesempatan yang sama  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong. Tonie Marwan  melalui  kepala Bidang Pendidikan Dasar H.Hasbi  menjelaskan,  untuk penambahan lokas pada SDN 3 Balimbing Raya  di Tahun 2022 sudah tidak dimungkinkan lagi sebab Anggara  sudah berjalan ,  namun pada Anggara tahun depan ( tahun 2023 )   Dinas Pendidikan  segera menyusun kembali  ” sebagai laporan bahwa sistem penerimaan  murid baru, kita memiliki Zona masing-masing, tapi kita menyadari  bahwa kita tidak dapat melarang orang tua untuk menyekolahkan  dimanapun ” ujar Hasbi

Masih ditempat  yang sama  Kepala Sekolah SDN 3 Balimbing Raya Kecamatan Murung Pudak  Hj. Maswah A.Pd.MM meminta kepada Dinas agar bisa  membangun atau menambah lokal di SDN 3 Balimbing Raya . Penambahan lokal bertujuan untuk memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar ” saat ini memberlakukan sistem belajar menjadi dua bagian pagi dan siang ” kata Hj. Miswah  ( rel.dprdtab)

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas