11 Agustus 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

DPRD Tabalong Komisi III Bahas Renja 2023 Bersama Bappeda Litbang dan Bagian Protokol Setda Tabalong

 2,880 total views,  2 views today

TANJUNG,TRIBUNEPLUS.CO.ID Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong melalui Komisi III menggelar Rapat membahas Rencana Kerja ( Renja ) Tahun 2023 pada  Organisasi Perangkat Daerah Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangun Daerah (Bapelitbangda), dan   Bagian  Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tabalong  di Ruang Rapat komisi III lantai II Gedung Fraksi DPRD kabupaten Tabalong. ( Senin 6//6/22 )

Rapat kerja DPRD kabupaten Tabalong, Komisi III bersama OPD  dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD  H. Supuyo, S.Pt.MP,MH didampingi Wakil Ketua Komisi III  Hj. Noor Farida SE  Sekretaris Komisi III  H. Dahli SE dan Anggota Komisi III DPRD kabupaten Tabalong.

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangun Daerah (Bapelitbangda) kabupaten Tabalong M. Noor Rifani ST.MT dalam paparannya di hadapan anggota  Komisi III DPRD menjelaskan, Renja Bappeda Litbang Tahun 2023  terdapat 4 program  kegiatan penunjang, seperti penangan dan evaluasi kinerja perangkat daerah, Pengendalian  dan evaluasi  pembangunan Daerah, Kordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah serta  penelitian dan pengembangan daerah.

Dari 4 program kegiatan tersebut  terdapat 19 sub kegunaan diantaranya adalah penelitian dan pengembangan Prawisata sebesar Rp. 570. 000.000,00,  penelitian dan pengembangan pertanian, perkebunan dan pangan sebesar Rp. 100.000.000,00, kegiatan Diseminasi Jenis prosudur dan metode penyelegara pemerintah daerah  yang bersifat Inovatif  sebesar Rp. 272. 583.000,00,  dan belanja administrasi keuangan perangkat  Daerah seperti gaji dan tunjangan ASN sebesar Rp. 3.922.619.755,00 sehingga total Rencana Kerja ( Renja ) Tahun 2023  sebesar Rp. 8.597.300,741.00,

” Terkait dengan penelitian pengembangan pertanian, perkebunan dan pangan Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong memiliki skala prioritas,  daerah mana saja yang harus kita lakukan penelitian untuk di kembangkan, insyaallah  akan terlihat ouput nya ” ujar kepala Badan.

Pada kesempatan yang sama kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan  Setda  Tabalong saat memaparkan Renja tahun 2023  mengatakan,  pada  Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan  Setda Tabalong terdapat program kegiatan penunjang Pemerintah Daerah Kabupaten/kota, kegiatan  pelaksanaan Protokol dan komunikasi pimpinan meliputi,  fasilitas keprotokolan,  fasilitas komunikasi pimpinan, dan pendokumentasian tugas  pimpinan dengan total Renja Tahun di 2023 sebesar Rp. 919. 810.000,-

Anggaran  ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Renja tahun sebelumnya, dikarenakan  bagian ini tidak lagi berlangganan langsung dengan media seperti Cetak dan Online maupun elektronik, ” saat ini semua media sudah di alihkan pada dinas Kominfo ‘ kata Kabag Protokol.

Dalam rapat tersebut, Anggota Komisi III DPRD Tabalong  H. Akhmad Helmi SH  meminta kepada Bappeda Litbang  untuk membuat  sebuah penelitian tentang  Prawisata, mengapa demikian anggaran ini cukup besar, namun output  masih belum jelas.

Politikus PKB ini juga meminta kepada bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan untuk menambah anggaran  pada Renja tersebut ” hal ini penting agar bagian Protokol bisa melakukan pendampingan terhadap kegiatan anggota DPRD sebagai bentuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat” kata  Helmi.

Bagikan Berita Diatas