22 Mei 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Rangkaian Operasi Katupat Intan 2022 Berakhir Pada 9 Mei 2022

 8,545 total views,  2 views today

TANJUNG, TRIBUNEPLUS.CO.ID ..Suasana Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, Jajaran Kepolisian Resor Tabalong melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dalam rangka operasi Ketupat intan 2022.

Pengamanan Polres Tabalong dalam Operasi Ketupat mulai dari pengamanan ibadah puasa dan shalat taraweh, mudik, malam perayaan Idul Fitri, tempat ibadah pelaksanaan shalat Ied walaupun sudah dilaksanakan dengan situasi aman dan kondusif.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med.Kom saat di Konfirmasi, Kamis (5/05/2022) siang, mengatakan Polres Tabalong H+4 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah masih melakukan rangkaian operasi Ketupat intan 2022 sampai dengan tanggal 9 Mei 2022.

Pengamanan di Pos Pengamanan wilayah Perbatasan Kalsel – Kaltim berlokasi di Desa Jaro dan Pos Pelayanan di Kelurahan Mabu’un masih berlangsung.

Selanjutnya situasi usai perayaan lebaran, masyarakat antusias berlibur dengan mendatangi ditempat – tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Tabalong umumnya, khususnya di wilayah Kecamatan Jaro, Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Upau. Dikarenakan wisata diwilayah tersebut sangat memanjakan para pengunjung mulai dari pemandangan alam yang indah dan mandi atau bermain air dialiran sungai dari pegunungan sangat jernih.

Selain di tiga kecamatan tersebut, tempat wisata yang ada di kecamatan Murung Pudak, Tanjung, Pugaan, Muara Harus dan Banua Lawas juga cukup ramai pengunjungnya. Kemudian wisata religi di Kecamatan Kelua juga banyak didatangi para penziarah baik lokal maupun pendatang.

Sehingga obyek wisata di H+4 Lebaran merupakan salah satu pontensi kerawanan kamtibmas di Tabalong, Untuk mencegah hal itu, Polres Tabalong dan Polsek jajaran hadir disana melakukan pengamanan guna mencegah tindak kejahatan serta berikan imbauan kepada pengunjung wisata agar waspada terhadap barang berharga yang dibawanya, memperhatikan anak – anaknya yang mandi di sungai dan pastikan ranmor terparkir dengan aman.

Kemudian kegiatan patroli 1×24 oleh petugas yang sasarannya perumahan warga guna mencegah aksi pencurian. Karena situasi kondisi rumah warga yang ada di komplek atau perumahan masih ada yang kosong ditinggal pemiliknya mudik.

Selanjutnya pengamanan arus balik mudik lebaran 2022 sedang berlangsung, dan nantinya puncak arus balik hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Harapan kami kepada para pemudik untuk perjalanan balik lebih awal untuk mencegah dan menghindari kemacetan.

“Selama perjalanan balik, pemudik jangan memaksakan diri, utamakan keselamatan dan pengguna jalan lainnya. Jika lelah agar istirahat di tempat – tempat aman, seperti rest area yang sudah disiapkan, pos pengamanan dan pos pelayanan kepolisian guna mencegah laka lantas dan tindak kejahatan”, imbau Kapolres Tabalong.

“Untuk pengelola dan pengunjung tempat wisata agar selalu waspada dan taat protokol kesehatan”, tambahnya.

Bagikan Berita Diatas