27 Juni 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Satreskrim Polres Tabalong, Amankan Pria Belanja Online Menggunakan Bukti Transfer Palsu

 4,023 total views,  4 views today

TANJUNG,TRIBUNEPLUS.CO.ID.. Seorang Pria berinisial HBP alis Ihin ( 28 th) warga Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong harus ditahan oleh Polisi atas dugaan melakukan Belanja Online dengan menggunakan bukti Transfer Palsu.

Ditangkap nya HBP oleh petugas berawal  dirinya melakukan transaksi Pembelian Pakaian di sebuah toko konveksi di kelurahan Pembataan.Kecamatan Murung Pudak.Tabalong dengan menggunakan bukti transfer palsu alias hasil editing pada Jumat (22/04) siang.

Pada siang itu juga admin dari toko konveksi tersebut mengirimkan foto resi pengiriman barang melalui jasa ekspedisi dengan penerima berinisial HSU beralamat di Desa bungaling Dahai Kecamatan Paringin  Balangan

Merasa aksi penipuan nya tidak di ketahui pihak penjual, Pelaku Ihin terus melakukan pembelian yang dilakukan secara bertahap sebanyak empat kali mulai tanggal 22/04/2022 sampai 25/04/2022 dengan nilai total transaksi sebesar 23 juta lebih.

Namun pada transaksi ke empat baru di ketahui telah tertipu saat menerima informasi dari kantor pusat PT.TAB di jakarta, bahwa tidak ada bukti mutasi transaksi masuk ke rekening, dan kemudian Melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tabalong.

Sat Reskrim Polres Tabalong di Pimpin oleh AKP Dr. Trisna Agus Brata, S.H, M.H yang menerima laporan ini segera mencari pelaku ihin, dari informasi yang di kumpulkan akhirnya pelaku ihin ditangkap di Office T300 km.73 Kecamatan Tanta.Tabalong pada Selasa (26/04/2022) sore.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H, S.I.K, M.Med.Kom melalui Kasi Humas Polres Tabalong Iptu Mujiono membenarkan perihal penangkapan ihin tersebut.

“Saat ditangkap dan diinterogasi,pelaku ihin mengakui perbuatannya tersebut” kata iptu mujiono.

“Saat ini Pelaku ihin sudah di tahan di polres Tabalong dan Dari pelaku ihin juga disita berbagai macam pakaian,sepatu dan sandal berbagai model dan merk, satu lembar KTP, satu buah sepeda motor Matic warna merah,empat lembar bukti transaksi fiktif serta lembar struk pembelian” pungkas Iptu Mujiono. ( rel.polrestab )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas