22 Mei 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Dinas Pendidikan, Sampaikan Program Kerja Tahun 2022 ke Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong

 794 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id ..  Rapat kerja Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong  bersama Dinas pendidikan  tentang rencana Tahun anggaran Tahun 2022  dan  2023.

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh ketua Komisi I DPRD H. Supiani bersama anggota  di gedung Sekretariat lantai 1  DPRD  Kabupaten Tabalong ( Selasa 25/2/2022 )

Dalam rapat tersebut, Kepada Dinas Pendidikan Kabupeten Tabalong H. Mahdi Noor  melalui  Sekretaris Dinas Pendidikan  menyampaikan rencana anggara tahun 2022  dan tahun 2023  seperti belanja langsung dan belanja tidak langsung,  serta penerimaan Dana Alokasi Khusus ( DAK ),   dan kegiatan infrastruktur  terdapat di tiga bidang, Bidang pendidikan Usia Dini, Bidang pendidikan Dasar dan Bidang  Pendidikan  Lanjut Pertama .

Masih menurut paparan Kepala Dinas Pendidikan melalui sekretaris Tony Marwan di hadapan Komisi I DPRD Tabalong menambah,  Total Anggaran Dinas pendidikan Tahun 2022  sebesar Rp. 361.165.852.531 terdiri dari belanja langsung dan  belanja tidak langsung sebesar Rp.307. 943. 316,000,-  sementara sisanya adalah belanja  langsung terdapat 12 paket kegiatan dengan nilai Rp. 8.709. 404,000,-

Kegiatan ini didasari lima program Dinas Pendidikan, diantarnya pada pengelolaan pendidikan, dan pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya pendidik

Lebih lanjut Kepala Dinas Pendidikan Melalui sekretaris  Rony Marwan manambahkan,  untuk kegiatan Fisik berdasar Dana Alokasi Khusus ( DAK )  pada tahun 2022 seperti pembangunan gedung sekolah Lanjutan pertama ( SMP ) terdapat  5 Paket pekerjaan  dengan nilai Rp. 2.628.287.000,- dan pembangunan Gedung Sekolah Dasar ( SD )  melalui  DAK  sebesar Rp. 5. 837. 561.- di tambah anggaran penunjang keduanya sebesar Rp.290.000,000,-

Mendengar penyampaian dari Dimas Pendidikan Kabupeten Tabalong tentang  Anggaran Tahun 2022 anggota komisi I DPRD Kabupaten Tabalong Murjani mengatakan, komisi I harus mengetahui  antara belanja langsung dan belanja tidak langsung, karena  kedua tidak berimbang.” Komisi I DPRD Tabalong meminta kepada Dinas untuk melaksanakan program kegiatan lebih awal, jika lambat, maka kegiatan  akan mengalami pennyusuai seiring dengan menyebar nya Virus Corona dengan Varian baru (  Omicron ) ” ujar Murjani anggota komisi II.

Hal senada juga dikatakan oleh wakil ketua II DPRD Habib Taufani Al-Kaff,  untuk proses pekerjaan fisik yang terdiri dari APBD Tahun 2022  secepatnya dilaksanakan dan berorientasi pada kepentingan masyarakat, sehingga penyerapan anggaran tahun 2022  bisa lebih maksimal.

Pada kesempatan yang sama Anggota Komisi II DPRD Kabupaten dari Politikus partai Golkar Zainal  Ilmi, meminta kepada Dinas pendidikan Kabupaten Tabalong, dalam merencanakan  Anggara tahun 2022 hingga tahun 2023  hendaknya,  tidak terfokus pada wilayah tertentu, sepeti Wilayah Utara dan Selatan saja. Sebab Kabupaten Tabalong merupakan satu kesatuan” jadi saya minta agar program pembangunan gedung/ Rehaf  Sekolah  hendaknya bisa berimbang  ” kata Zainal

Masih menurut Zainal  anggota komisi II  saat rapat bersama Dinas pendidikan tentang Anggaran Tahun 2022 mengatakan, sepanjang tahun anggaran Dinas pendidikan untuk meningkatkan infrastruktur  selalu bertumpu pada wilayah Utara dan Selatan, sementara wilayah tengah ( Tanjung, Tanta dan murung pudak ) minim pembangunan infrastruktur  pada Dinas Pendidikan ” sekali lagi saya tegaskan agar wilayah tengah bisa masuk pada Rencana Anggaran Tahun 2023 ” ujar Zainal. ( rel dprd)

Editor Riyanmaulana tribuneplus co.id

Bagikan Berita Diatas