22 Mei 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

KPH Tabalong Bagikan 122.066 Bibit Pohon Dari Berbagai Jenis Untuk di Taman Di Bumi Sarabakawa

 3,509 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id .. Sebanyak 122.066 bibit Pohon oleh KPH  Kabupaten Tabalong di bagi kepada masyarakat secara cuma cuma . Jumlah  tersebut sesuai Dengan kebutuhan tanam  masyarakat selama tahun 2021.

Menurut Kepala KPH Kabupaten Tabalong Ir. Hariyadi saat ditemui diruang kerjanya mengatakan,  selama tahun 2021 Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) kabupaten Tabalong membagikan ratusan ribu bibit pohon ke masyarakat.

” bibit  pohon dari berbagai jenis dibagikan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat  Kabupaten Tabalong ” ujar Kepala KPH .

Ratusan Ribu Bibit pohon yang di bagikan kepada masyarakat berasal dari persemaian KPH di desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya, persemaian Balai Pembenihan Hutan Banjarbaru serta persemaian permanen yang dikelola BPDASHL Barito.

Masih menurut kepala KPH kabupaten Tabalong menambahkan, terdapat berbagai jenis pohon seperti  seperti sengon, trambesi dan juga buah-buahan jengkol, petai, sirsak, alpukat dan lainnya.

Selama tahun 2021 kegiatan penanaman, baik itu yang dilakukan KPH Tabalong maupun bersama dengan instansi lain mencapai 149.850 batang bibit pohon.  Untuk cadangan bibit dikantor KPH Tabalong tinggal sedikit baik di persemaian Simpung Layung maupun di penampungan yang ada di kantor KPH Tabalong. hanya sekitar 5 ribuan.

Jika ada permintaan bibit pohon dalam jumlah besar akan tetap bisa dilayani dengan meminta suplai dari BPTH Banjarbaru. “KPH Tabalong siap  drop karena di  BPTH, masih banyak stok di persemaian Banjarbaru” kata kepala KPH Tabalong

Gerakan menanam pohon adalah program Nasional,  banyak  manfaat yang bisa diambil dari menanam pohon seperti,  memelihara tanah dan menjaga bumi tetap dingin,  sebagai penyerap karbon,  menyediakan makanan untuk jutaan orang dan spesies lainnya , saluran Air alami  dan mampu menampung keaneka ragaman hayati di bumi ” Hampir setengah dari spesies yang ada di bumi hidup di hutan, termasuk 80% keanekaragaman hayati di darat ‘” tambahnya lagi  ( rel. )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas