22 Mei 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Apel Bersama Dengan Instansi Terkait Amankan Perayaan Natal 2021 Dan Pergantian Tahun Baru 2022

 2,003 total views,  2 views today

TANJUNG,tribuneplus.co.id Apel gabungan Polres Tabalong dengan instansi terkait dengan tema “Bersama Kita Jaga Perayaan Natal 2021 dan Pergantian Tahun Baru 2022 di Kabupaten Tabalong” pada Jum’at (31/12/2021) sore.

Apel gabungan berlangsung di halaman Mapolres Tabalong yang dipimpin Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med.Kom diwakili Wakapolres Tabalong Kompol Reza Bramantya, S.I.K. Bertindak sebagai Perwira Upacara Akp Asep. R Kasubbag Bingung Ops Bagian Operasi Polres Tabalong dan Komandan apel adalah Ipda Gigih. S Kanit Pam Obvit Polres Tabalong.

Adapun amanat Kapolres Tabalong yang dibacakan pimpinan apel gabungan pengamanan Malam Tahun Baru 2022 adalah perayaan tahun baru adalah bagian dari tradisi masyarakat baik beribadah, berkumpul dan bersuka cita bersama dengan keluarga. Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas dan sebagai sarana penyebaran covid-19.

Berdasarkan data ada beberapa Gereja atau rumah ibadah umat nasrani melaksanakan ibadah malam tahun tutup tahun serta ada beberapa tempat yang dijadikan tempat berkumpul masyarakat seperti, Taman Kota Tanjung, Taman 10 K Murung Pudak, Simpang Obor Mabu’un, Expo Center, dan Tanjung Bersinar Park.

Selanjutnya mapping kerawanan terdapat prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain, ancaman kelompok intoleran, radikalisme dan terorisme, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, kerumunan masyarakat berpotensi menyebabkan penularan covid-19 maupun ancaman bencana alam seperti banjir sebagai dampak dari musim penghujan.

Oleh karena itu, pengamanan malam tahun baru harus dilaksanakan secara optimal, kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi.

Ketika pengamanan ini berhasil, maka masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah tutup tahun dan perayaan pergantian tahun dengan rasa aman dan nyaman.

Polri dengan dukungan TNI, Pemkab dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan pengamanan malam tahun baru 2022 dengan melibatkan personel gabungan sebanyak 221 personel pengamanan gabungan.

Ada 5 poin pnekanan Kapolres Tabalong untuk dipedomani personel pengamanan adalah

Jaga Soliditas antar lembaga dan pemangku kepentingan. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan;

Jaga kesehatan baik mental maupun fisik selama pengamanan malam tahun baru,. Niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME;

Deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah – langkah pencegahan yang prediktif;

Laksanakan pengamanan secara profesional dan himanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan – rekan adalah wujud representasi negara di tengah – tengah masyarakat;

Dan yang terakhir Kawal dan awasi masyarakat yang merayakan ibadah tutup tahun dan perayaan malam tahun baru dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Ucapan terimakasih Kapolres Tabalong kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan malam tahun baru sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Tabalong dapat senantiasa terjaga.

Peserta apel gabungan terdiri dari Perwira Polres Tabalong, Kompi 621 Hikun, Kompi 2 Den B Pelopor, Personel Polres Tabalong, Dishub, Sat Pol PP, Basarnas Kabupaten Tabalong, Senkom Mitra Polri, KNPI Kab. Tabalong dan Saka Bhayangkara Polres Tabalong.

Tampak hadir dalam kegiatan apel gabungan ini adalah masing – masing perwakilan Unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong, Kasubden POM Persiapan Tanjung, Danki 2 Den B Pelopor, Kadishub Tabalong, Kasat Pol PP Tabalong, Kepala Senkom Kab. Tabalong, Kepala Basarnas Tabalong dan Perwakilan MUI Kab. Tabalong.

Kapolres Tabalong melalui Iptu Mujiono Kasi Humas Polres Tabalong membenarkan giat apel gabungan kesiapan pengamanan malam pergantian tahun 2021 – 2022 di Kabupaten Tabalong.

“Mari Kita Jaga Situasi Kondisi Kamtibmas Kabupaten Tabalong Tetap Aman dan Kondusif serta Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19”, imbau Iptu Mujiono.(rel)

Editor: Riyan Maulana tribuneplus.co.id

 

Bagikan Berita Diatas