22 Mei 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Posting Ujaran Kebencian Di Medsos, Warga Kecamatan Murung Pudak Diciduk Polisi

 1,444 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id– Polres Tabalong melalui Unit Jatanras Satreskrim  berhasil tangkap seorang pria yang diduga telah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, ras dan antar golongan (Sara) sebagaimana dimaksud Pasal 45A ayat (2) UU  RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Minggu (12/12)

kejadiannya diketahui berdasarkan hasil patroli Cyber oleh anggota sat reskrim polres Tabalong dan selanjutnya dilakukan penyelidikan terhadap pemilik akun di Facebook tersebut dan  telah didapatkan data dan bukti, terhadap pemilik akun.

Setelah mengetahui pemilik akun tersebut, Jatarnas Satreskrim Polres Tabalong melakukan penagkapan menyita barang bukti berupa Hendphon  dan akun Facebook tersebut.

Pemilik akun  Facebook  tersebut merupakan  seorang Pria berinisial EP (32) warga Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak. pada Hari Jum’at (15/10) Malam diketahui adanya postingan di sosial media akun Facebook Muhammad Musthafa Kemal pada Hari Kamis (14/10) Malam yang menulis kata kata berupa sara yang diketahui pemilik akun adalah EP,

Setelah dilakukan penangkapan Pria Inisial EP mengakui bahwa Akun Facebook tersebut adalah miliknya dan yang membuat postingan tersebut adalah dirinya sendiri. Kemudian Pada hari Jum’at (10/12) EP kembali memposting sebuah tulisan yang diduga mengandung unsur sara dan ujaran kebencian.

Kepada ttibuneplus.co.id Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin S.H., S.I.K., M.Med.Kom melalui Kasi Humas Polres Tabalong Iptu Mujiono  saat dikonfirmasi mengatakan, dengan adanya kejadian tersebut,  EP berhasil di tangkap petugas di Pasar Mabu’un dan berserta barang bukti berupa 1 (satu) buah HP Android disita petugas untuk dibawa ke Polres Tabalong guna proses hukum lebih lanjut ( rel.polrestab )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas