11 Agustus 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

BUPATI Minta, Balarut Maharagu Sungai Dijadikan Agenda Tahunan

 1,617 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id .. Menjelang Peringatan Hari  Jadi Kabupaten Tabalong yang ke 56 disisi dengan berbagai kegiatan sosial, diantaranya dilakukan oleh Panitia  jelajah  sungai Kabupaten Tabalong  menggelar Kegiatan Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) ke-3 tahun 2021. Kegiatan tersebut   akan menyusuri Sungai Tabalong sepanjang  25 kilometer ( Sabtu 27/11/2021 )

Balarut Maharagu sungai dimulai dari  Teluk Dalam Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak hingga finish di Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua. dengan jumlah  sebanyak 27 lanting termasuk panitia, pada setiap  Lanting akan diisi oleh 5 orang peserta.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, Atas nama pemerintah Kabupaten Tabalong sangat  mengapresiasi kegiatan ini,  meminta kepada Panitia/ komunitas  agar Balarut Maharagu Sungai di jadikan Agenda Tahunan, dalam kegiatan ini  penuh dengan Edukasi motivasi kepada masyarakat tentang larangan membuang sampah kesungai.

“Luar biasa anak muda, membuat satu inisiatif untuk melakukan kegiatan ini, saya menitip pesan kepada masyarakat Tabalong bahwa sungai ini harus diharagu (dijaga). Jangan buang sampah kesungai, selain itu, masyarakat berada disepanjang sungai hendaknya menanam pepohonan di setiap bantaran sungai dengan harapan dapat menjaga  sungai tidak  erosi,” kata Bupati

Bupati Tabalong tetap mengingatkan kepada peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan ini.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pelaksana Bamasung Ke-3 Tahun 2021, Haris Fadillah menuturkan, para peserta saat menyusuri sungai juga akan menanami bibit pohon di bantaran sungai.

“Mereka menanam pohon di bantaran sungai. Begitu mereka melihat wilayah gersang mereka singgah disitu dan bisa menanam bibit disana, tapi sifatnya tentatis aja,” tuturnya.

Pihaknya juga turut membekali karung bekas untuk para peserta memungut sampah yang ada di Sungai Tabalong.

“Jadi sambil menyusuri sungai juga mereka memunguti sampah disungai,” imbuhnya.

Dari kegiatan Bamasung ini pun, juga turut dilombakan seperti, lanting terheboh, lanting terbaik dan pemungut sampah terbanyak. ( rel. )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.cid

Bagikan Berita Diatas