22 Mei 2022

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Persiapan Balarut Maharagu Sungai, H-1 Capai 80 Persen

 547 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id .. Komunitas Jelajah Tabalong telah melakukan berbagai persiapan menjelang kegiatan Balarut Maharau Sungai (BAMASUNG) III tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 27 sampai 28 November 2021 selama 2 hari.

H-1 kegiatan BAMASUNG III, terlihat beberapa panitia dan peserta mulai merakit lanting dari ban dalam bekas yang sudah disediakan pihak pelaksana.

Ketua Pelaksana BAMASUNG III, Haris Fadillah mengatakan, persiapan terakhir sudah 80 persen berjalan pada titik start.

“Ditempat lokasi titik start, kita sudah memasang spanduk-spanduk, penerangan, juga kita sudah bersih-bersih untuk penurunan lanting,” katanya di tanjung, Jum’at, (26/11/2021).

Secara garis besar peserta yang mengikuti yang berasal dari komunitas pencinta alam, komunitas motor, UPBS, , organisasi kepemudaan, dan berbagai instansi Pemerintahan

“Yang sudah terdata hingga saat ini ada 23 kelompok yang dalam 1 lanting ada 5 orang, dan dari kami ada 3 lanting, jadi untuk total yang mengarungi sungai berjumlah 26 lanting,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan besok Sabtu (27/11/2021) acara pembukaan Opening Ceremony akan dihadiri oleh unsur Forkompinda Tabalong.

“Dan juga ada sedikit penanaman bibit oleh komunitas-komunitas, dan unsur Muspida, serta Bupati juga akan melepas keberangkatan peserta besok,” ujarnya.

 

Ditambahkan Haris, ada beberapa titik penanaman, meliputi, di titik star,  di Desa Murung Karangan sebalah kanan sungai, Desa sungai Buluh kanan sungai, dan Desa Masintan sebalah kiri sungai.

“Terkait titik penanaman, kita masih melihat kondisi debit air, kalau sudah mulai turun, maka kita bisa penanaman di titik yang sudah kita tentukan,” tambahnya.

Untuk saat ini kondisi debit air sungai yang naik, Haris berharap, agar ada penurunan debit air sungai dan tidak terjadi hujan saat pelaksanaan.

“Semoga pada saat kegiatan ini aman dan terkendali, serta tidak ada halangan,” harapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut, untuk berhati-hati, terutama untuk anak-anak mengingat kondisi air lebih dalam dan arus sungai yang deras dari biasanya. ( rel )

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas