1 Desember 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Diskop dan UKM Provinsi Kalsel, Latih Pengurus Pengawas Koperasi dan Pelaku UMKM di Tabalong

 1,178 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan memberikan pelatihan dua kelas sekaligus yang masing-kelas dengan peserta 30 orang kepada para pengurus dan pengawas koperasi serta pelaku UMKM di Tabalong.

Pelatihan yang diselenggarakan selama empat hari, dari hari Senin sampai Kamis, tanggal 11-14 Oktober 2021 tersebut bertempat dilantai satu dan lantai dua Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H. Gustafa Yandi, MSi. saat membuka pelatihan mengatakan bahwa Pelatihan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi serta Desain dan Pengemasan Produk UKM bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil diadakan dengan dana non fisik DAK Provinsi Kalimantan Selatan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada Koperasi dan UKM.

Kesempatan tersebut agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya karena disitulah nantinya koperasi bisa menunjukan bahwa koperasi bisa berjalan sesuai aturan atau kaidah-kaidah yang sudah digariskan sehingga menjadi koperasi yang berkualitas, transparan dan Accountable” katanya.

Sementara untuk pelatihan desain dan pengemasan produk UMKM juga sangat penting guna meningkatkan nilai jual yaitu dengan desain kemasan yang sangat baik dan diterima oleh pasar imbuhnya.

Gustafa Yandi juga menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang membangun rumah kemasan guna memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan kemasan yang baik dan menarik dengan harga yang kompetitif.

Gustafa Yandi berharap dengan bersama-sama bersinergi dan kolaborasi yang kuat, kita bisa membangun bisnis yang lebih baik dan lebih meningkat.

Gustafa Yandi juga mengingatkan agar semua yang terlibat dalam pelatihan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabalong Drs. H.M. Faisal, MSi. saat menutup pelatihan mengucapkan terima kasih kepada peserta dan semua yang terlibat dalam pelatihan sehingga berjalan dengan tertib dan lancar.

Faisal juga mengingatkan agar para peserta nantinya memanfaatkan ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh selama pelatihan dan menerapkannya dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sehari-hari, dan agar para peserta selalu menyuarakan apa saja masalah yang dihadapi, karena dengan berkomunikasi akan ada jalan keluar dan solusinya, tutup Faisal.

Sementara Rahmawati peserta dari Koperasi Serba Usaha Al Yakin yang mengelola Pusat Oleh-oleh Khas Tabalong (Pokta) yang pada acara tersebut juga menggelar bazar dihalaman gedung PLUT sangat berterima kasih atas kesempatan mengikuti pelatihan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi.

Dirinya sangat senang dan puas dengan metode serta ilmu atau materi yang diberikan saat mengikuti pelatihan, yang sangat bermanfaat dalam menunjang tugas dan pekerjaannya di Koperasi Al Yakin, ungkapnya.

Ditempat yang sama ,pengurus koperasi lainnya kepada tribuneplus.co.id . mengatakan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM provinsi Kalsel bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Tabalaong, dirinya merasa bersyukur, melalui pelatihan ini dirinya bersama anggota lainya bisa menjalankan koprasi  menjadi lebih baik ” katanya      ( rel.Diskoptab ) 

Editor Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas