31 Juli 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Ketua Tim GTPP Covid-19 Bagikan Takjil Gratis

 651 total views,  2 views today

Memasuki awal bulan Ramadhan 1441 Hijriah tahun 2020, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tabalong membagikan takjil gratis kepada masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Menurut ketua Tim Gugugus Tugas Penanganan Covid 19 H. Anang Syakfiani mengatakan, ada sekitar 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia akan merayakan bulan paling penting dalam kalender Islam dengan sangat berbeda tahun ini karena pandemi virus corona COVID-19. Sesuai kalender Islam, bulan Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada hari Jumat, 24 April. Dalam makna Bulan tersebut kita sebagai umat Islam Menjauhkan diri dari keinginan duniawi termasuk makan, minum dan berhubungan seks antara fajar dan matahari terbenam selama Ramadhan dianggap sebagai salah satu pilar ajaran Islam.
Oleh sebab itu kita harus introspeksi dan membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan. Mayoritas Muslim – kecuali mereka yang dikecualikan termasuk orang yang sakit, wanita hamil, anak-anak dan orang tua – akan berpuasa seperti biasa. Namun, situasi di tengah pandemi ini membuat semua kegiatan yang dilakukan saat Ramadhan seperti salat berjamaah, ngabuburit, bahkan mudik, menjadi dilarang oleh pemerintah sesuai zona yang di tentukan.

Ada beberpa hal yang harus kita laksanakan dalam menjalankan Ibadah Puasa seperti Lebih banyak minum air Sebelum mulai berpuasa, karena asupan air adalah untuk memastikan tubuh betul-betul terhidrasi. Selain itu, menurunkan tingkat dehidrasi saat menghadapi puasa.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap seimbang dalam menjalankan ibadah puasa, seperti membiasakan diri untuk memengkas asupan kalori jangan tergiur untuk lahap menyantap banyak makanan dengan alasan aji mumpung sebelum mulai berpuasa, melainkan kita harus melakukan yang sebaliknya. Tubuh justru akan terbiasa menyantap dalam porsi besar dan terus menginginkan kuantitas lebih banyak. Kurangi asupan kalori dengan mengganti hidangan tinggi lemak dengan pilihan tinggi protein agar tetap kenyang.

Masih menurut Bupati Tabalong saat membagikan gratis takjil kepada sejumlah masyarakat di kelurahan Balimbing menambahkan, saat kita melaksnakan puasa, hendaknya kita dapat megurangi berbagai kebiasaan seperti merokok dan minum kopi, kesulitan untuk tak mengonsumsi kopi selama Ramadhan bisa lebih teratasi. Sama halnya dengan rokok, kurangi jumlah rokok yang dihisap mulai sekarang agar puasa jadi lebih mudah.
Mulai ganti pola tidur Pasang alarm lebih awal setiap hari. Bila Anda biasa bangun pukul 5 pagi, coba ganti setengah jam lebih awal, dan ulangi menjadi lebih awal di keesokan harinya. Jangan lupa untuk tidur lebih cepat agar Anda tidak kesiangan. Perubahan pola tidur ini membantu agar bisa bangun pagi untuk sahur. Anda juga bisa mulai sarapan lebih pagi untuk membiasakan diri.

Pembagian takjil yang kita laksnakan pada hari ini akan dilakukan selama satu bulan penuh selama Ramadhan. “ kita akan bagikan sebanyak 500 takjil setiap harinya, “ ujar Buapti Tabalong . Takjil yang akan dibagikan selama satu bulan penuh ini sumber dananya merupakan sumbangan dari seluruh kepala SKPD dan perusahaan mitra kerja Pemkab Tabalong. “Hari ini saya turun langsung, karena memang hari ini saya yang ngambil. Besok Kopri sampai hari ke 11 setelah itu Adaro, SiS setelah sumbangan dari kepala SKPD terus berlanjut setiap hari. Takjil ini pun, tidak hanya di berikan di wilayah Tanjung Kota namun akan di bagikan ke semua kecamatan.“Ada kecamatan yang di alokasikan sekali, ada juga yang tiga kali ini pertimbangannya kita sesuaikan dengan kondisi di kecamatannya,” kita berharap melalui bantuan ini bisa meringankan beban bagi kaum dhuafa maupun warga yang tidak mampu untuk menjalankan ibadah puasa. Paling tidak membantu suadara kita yang tidak mampu sehingga mereka tidak memikirkan lagi untuk buka puasa,

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •