19 Juni 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Belanja Langsung Secara Digital, Lebih Mudah Efektif dan Efisien

 3,716 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id —-  Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong Mencanangkan  Belanja Langsung Secara Digital  yang di bungkos dengan  Aplikasi Langsat Tabalong  hal ini bertujuan untuk meberikan kemudahan kepada masyarakat dalam perdaganagan baik perdaganan kebutuhan pokok maupun belaja barang dan jasa secara Online. Selain itu,  pemanfaatan aplikasi juga  sebagai platform e-market untuk belanja atau pengadaan barang/jasa, sebagai tujuan untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, efektivitas, serta akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa.

Menurut wakil Bupati Tabalong H. Mawardi dalam sambutannya saat Mencanangkan “Langsat Tabalong” (Belanja Langsung Secara Digital Tabalong) di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Kabupaten Tabalong Rabu/05/21 )   mengatakan,  pemanfaatan dan pengembangan e-marketplace dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah akan memperluas dan membuka peluang persaingan usaha yang kompetitif, sehat, serta wajar.

Aplikasi Langsat Tabalong dibuat untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas berdasarkan prinsip value for money pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupupaten Tabalong.

Aplikasi ini di buat merupakan wujud komitmen pemkab tabalong  dalam mendukung percepatan transformasi digital sekaligus pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di di Kabupaten Tabalong.

Langsat Tabalong”(Belanja Langsung Secara Digital Tabalong) merupakan salah satu inovasi Pemda di bidang pengadaan barang/jasa. Dengan menggandeng UMKM, selaku pelaku usaha maupun penyedia, dalam pengadaan barang dan jasa.

“Ini merupakan salah satu rencana aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas-PK). Karena itu kami meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Tabalong  untuk melakukan digitalisasi pengadaan barang/jasa melalui pola pembelian daring (online), sekalipun nilinya dibawah 50 juta ” katanya.

Masih menurut Wakil Bupati Tabalong H. Mawardi digedung Informasi menambahkan, pencanangan Langsat Tabalong”(Belanja Langsung Secara Digital Tabalong) yang kita laksanakan pada hari ini  sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pasal 70.

Dalam regulasi itu, pengadaan barang/jasa pemerintah dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan e-market yang menyediakan infrastruktur teknis dan layanan dukungan transaksi berupa katalog elektronik, toko daring, dan pemilihan penyedia.

Saya berharap  kepada instansi-instansi di lingkungan Pemkab Tabalong maupun UMKM sebagai vendor (penyedia barang/jasa), secara terus menerus  menyosialisasikan penggunaan serta pemanfaatan platform, dan memberikan layanan konsultasi kepada pihak-pihak terkait.

Melalui sosialisi dan konsultasi  dapat menjadi solusi bagi UMKM Tabalong  yang membutuhkan dukungan infrastruktur digital dengan tingkat keandalan serta efektivitas tinggi. Tujuannya untuk memudahkan mereka dalam meningkatkan kompetensi dan skala usaha, serta melanjutkan keberlangsungan bisnisnya.  Sebagai platform digital untuk pengadaan barang dan jasa di lingkungan instansi Pemkab Tabalong  serta pemberdayaan UMKM di Daerah ini merupakan wujud pengakuan atas reputasi  ( rel )

Editor : Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •