7 Mei 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

4 Pelaku Penipuan, Ditangkap Polisi

 1,027 total views,  21 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id….Polres Tabalong, Polda Kalsel  melalui petugas gabungann berhasil menangkap 4 pria yang diduga pelaku tindak pidana penipuan dengan modus menggandakan uang Senin (03/05) di Banjarbaru, Kalsel.

Masing – masing  pelaku  mempunyai peran untuk melancarkan aksinya dalam mengalabui korban,  ada yang berperan sebagai tuan guru, sopir, dan berperan untuk mencari korban serta berperan sebagai Murid dari tuan guru tersebut.

Berikut ulasan peran  ke empat tersangka  Penipuan dengan modus menggandakan uang. Pria Inisial MD ( 52 th) warga Desa Mu’ui Kecamatan Haruyan, Hulu Sungai Tengah yang berperan dalam aksi kejahatannya sebagai tuan guru.

AH(43) warga Desa Waringin, Kecamatan  Pantai Hambawang  Kabupaten Hulu Sungai Tengah berperan sebagai pencari calon korban

Inisial SA alias Amat (62) warga Desa Panggang Marak Barikin Kecamatan Pantai Hambawang, Hulu Sungai Tengah yang berperan sebagai Murid dan

Inisial SR (25) warga Desa Panggang Marak Barikin Kecamatan Pantai Hambawang, Hulu Sungai Tengah yang berperan sebagai sopir.

Keempat tersangka Penipuan dengan modus menggandakan uang di tangkap oleh petugas di sebuah  Warung Bundaran Liang Anggang, Kelurahan Landasan Ulin Kabupaten Banjarbaru.

Dari hasil penangkapan tersebut, petugas gabungan berhasil menyita barang bukti berupa  3 lembar kain warna putih,1 gepok potongan kertas, 1 buah guci keramik kecil, 1 buah tas kain kecil dan 1 unit Mobil Apv warna Hitam Dengan nomor polisi KT 1959 KJ.

Penangkapan mereka atas dasar pelaporan korban inisial AD (45) warga Landasan Ulin Kecamatan. Liang Anggang Kota Banjarbaru, Kalsel di Polres Tabalong pada tanggal 24 April 2021.

Korban mengalami kerugian sebesar 50 Juta rupiah yang berawal dari SA menghubunginya via telpon yang dulunya rekan kerja korban di daerah Liang Anggang, Banjarbaru.

Dari kediaman, korban menuju ke Kelua Kabupaten. Tabalong untuk bertemu sesorang yang bisa menggandakan uang sebagaimana pengakuan SA alias Amat sebagai gurunya.

Pada Kamis (22/04) pagi sesampai di Kelurahan Pulau Kecamatan Kelua, Tabalong, korban bertemu dengan seorang laki-laki yang mengaku sebagai guru dari temannya inisial SA alias Amat.

Melalui kontak HP mereka berjanji bertemu depan langgar di kelurahan Pulau dan korban menyanggupi uang untuk digandakan sebesar 50 juta rupiah. Usai itu mereka masuk ke dalam mobil korban yang digunakan untuk melakukan ritual.

Uang yang dibawa korban dalam sebuah plastik hitam saat ritual berlangsung yang tanpa disadari korban, uangnya ditukar oleh MD dengan guntingan kertas berbentuk seperti uang yang dibungkus dalam kain putih serta tidak diperbolehkan membukanya selama sehari atau 1×24 jam.

Ketika sudah tiba saatnya dibuka, korban membuka bungkusan tersebut dan isinya hanya potongan kertas. Sehingga korban baru menyadari bahwa iya tertipu saat berada di kediamannya di Liang Anggang kota Banjarbaru. Dan melaporkan kejadian di Polres Tabalong.

Kepada tribuneplus.co.id  Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CFrA melalui Akp Otto Kasubbaghumas Polres Tabalong membenarkan petugas gabungan berhasil menangkap 4 orang pria diduga pelaku tindak pidana penipuan pada Senin (3/05).

Terimakasih kepada Tim gabungan Unit Resmob Polda Kalsel, Unit Jatanras Polres Tabalong, Unit Jatanras Polres Hulu Sungai Selatan, Unit Jatanras Polres Banjarbaru, Unit Jatanras Polres Palangkaraya dan Unit Reskrim Polsek Banjarbaru Barat sudah berhasil ungkap ke 4 orang tersebut diduga para pelaku dan jaringan tidak pidana penipuan di daerah hukum Polda Kalsel dan jajaran.

Keempat orang tersebut mengakui perbuatannya, dan telah melakukan beberapa kali  Penipuan seperti  di wilayah kelua  Tabalong 50 juta rupiah, Danau Salak, Martapura Kab. Banjar 20 Juta rupiah , Astambul Martapura Kab. Banjar 50 Juta rupiah, Liang Anggang Banjarbaru 25 Juta rupiah.

Mereka berempat diantaranya tiga orang dibawa ke Polres Tabalong dan 1 orang inisial AH (43) di bawa ke Polres Banjarbaru.

Kini pelaku dijerat dengan tindak pidana penipuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHPidana dan diancam dengan kurungan penjara paling lama 4 Tahun ( rel.polrestab )

Editor : Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •