7 Mei 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Bupati Tabalong Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong

 2,793 total views,  10 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id ..Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani  mengajak Masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong  menanam tanaman holtikultura dengan syestem tanam tumpang sari (  disela- sela tanaman pokok).

Kabupaten Tabalong terbagi menjadi tiga wilayah, masing -masing wilayah mempunyai karakteristik seperti wilayah selatan kita fokuskan pada sektor pertanian, sedangkan wilayah tengah adalah sektor Pusat Pemerintahan, industri dan bisnis, sementara wilayah Utara adalah sektor  Perkebunan dan  tanaman holtikultura.

Daerah Utara ini merupakan daerah memiliki dataran tinggi ini sangat baik untuk lahan perkebunan maupun pertanian  bahkan tanaman holtikultura. oleh sebab itu Kabupaten Tabalong tengah menyiapakan 70 Ha Lahan untuk tanaman holtikultura dengan syestem tanam tumpang sari.

Menurut Bupati Tabalong H. Anang Saykfiani saat peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Agri Bisnis di Desa Kembang kuning   Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong Senin 24/04/21  Mengatakan, untuk lebih memaksimalkan program pemanfaatan lahan dengan sistem tumpang sari maka Pemerintah Kabupaten Tabalong Melalui Dinas Pertanian  akan membentuk kelompok agar pembinaan, pemberian bantuan bibit dan lainnya  bisa lebih fokus dan terarah juga memudahkan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan.

Warga diminta mengoptimalkan pemanfaatan lahan dengan tanaman  holtikultura Berumur pendek seperti cabe, terong, ubi kayu, jahe, kunyit, serai. saat panen, tanaman tersebut bisa mengisi kebutuhan hidup,  bisa dijual ke pasar sehingga pendapatan rumah tangga bisa terbantu di masa minimnya perolehan pendapatan akibat pandemi COVID-19,”  ujar Bupati Tabalong

Masih menurut Bupati Tabalong  saat peletakan batu pertama pembangunan pasar Agribisnis di desa Kembang Kuning menambah kan, untuk mendukung hal tersebut maka perlu segera dibangun sebuah tempat untuk menapung hasil pertanian.

Kita harus membuat regulasi agar setiap lahan kebun  bisa manfaatkan  sebagai tanaman  tumpang sari  harus di optimal kan sehingga pasar yang kita bagun akan berfungsi sesuai dengan pemanfaatannya.

 

editor : Riyanmaulanatribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •