7 Mei 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Polres Tabalong Berhasil Amankan Pelaku Melanggar Pasal 372 KUHP

 2,694 total views,  2 views today

TANJUNG, tribuneplus.co.id ..Jajaran Polres Tabalong Polda Kalsel – Petugas gabungan berhasil menangkap dua orang pria diduga pelaku penggelapan dan tadah salah satu unit kendaraan roda dua milik korban inisial IM(64) seorang petani warga Desa Murung Baru Kecamatan Tanta, Tabalong.

Peristiwa ini terjadi berawal dari Korban menyewakan sepeda motor scoopy kepada MH untuk keperluan pribadi dengan kesepakatan 3 hari dengan harga sewa sebesar 50 ribu per hari dan sudah dibayar 1 hari.

Setelah sampai waktunya kendaraan tersebut tidak dikembalikan dan korban merasa curiga bahwa kendaraan miliknya diduga digelapkan oleh MH, Kemudian korban melaporkan  ke Sentra Pelayan Kepolisian Polsek Muara Harus dengan tempat kejadian perkara di Pasar Mantuil Desa Mantuil Rt. 01 Kec. Muara Harus.

Atas kejadian tersebut korban’ mengalami kerugian diperkirakan materiil kurang lebih 10 juta rupiah.

Menurut Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CFrA melalui Akp Otto Kasubbaghumas Polres Tabalong dikonfirmasi mengatakan,  pihaknya bersama petugas gabungan telah berhasil mengamankan di duga pelaku penggelapan satu unit sepeda motor merek Honda Scoopy Warna Hitam Putih DA 6094 UAE.

Pelaku ini adalah MH (23) warga Desa Mahe Seberang Kecamatan Tanjung, Tabalong dan JM (31) warga Jalan Sire Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Penangkapan terhadap pelaku oleh petugas gabungan unit Jatarnas  satreskrim Polres Tabalong dan unit reskrim Polsek Muara Harus Kamis (01/04) malam di simpang tiga Islamic Center Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak, Tabalong.

Dari hasil pengakuannya bahwa sepeda motor tersebut telah di gadaikan pada  JM di wilayah Kalimantan Tengah.

Selanjutnya petugas gabungan mengembangkan kasus dan berhasil menangkap  JM di sebuah pondok yang beralamat di Jalan Sire Kecamatan. Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan, Kalimatan Tengah yang diduga pelaku tadah hasil kejahatan penggelapan kendaraan bermotor. Yang mana dalam upaya penangkapan JM di backup oleh personel unit jatanras satreskrim Polres Barito Selatan, Polda Kalteng.

Masih menurut Kapolres Tabalong melalui Kasubbag Humas AKP Otto menambahkan,, kami terus menghimbau kepada masyakat agar dalam sewa beli kendaraan bermotor  agar berhati + hati.

Jika kita membeli barang hasil curian atau hasil lainnya maka kita akan di kenakan Pasal 372  (KUHP)   “Barang siapa dengan sengaja memiliki dengan melawan hukum hak suatu barang yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang lain dan barang itu ada dalam tangannya bukan karena kejahatan, dihukum karena penggelapan, dengan hukuman paling lama  4 Tahun Penjara  ( rel.polrestab )

Editor ; Riyanmaulana tribuneplus.co.id

 

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •