19 Juni 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Kepolisian RI Menerima Calon Anggota Polri Baru Sejak 19 Maret Hingga 15 April 2020

 1,553 total views,  2 views today

TANJUNG..tribuneplus.co.id .…. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)  melalui Polres Tabalong  Polda Kalsel menerima pendaftaran untuk menjadi calon anggota Polri mulai 19 Maret sampai 1 April 2021.

Menurut Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CFrA melalui Akp Otto Kasubbaghumas Polres Tabalong menyampaikan “perpanjangan masa pendaftaran sampai dengan 15 April 2021”, kata Akp Otto pada Selasa (30/03).

Persyaratan umum penerimaan anggota Polri baik Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri adalah Warga Negara Indonesia, Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pendidikan paling rendah SMU/sederajat, Berumur paling rendah 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri), Sehat jasmani dan rohani, Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (dibuktikan dengan menunjukan SKCK dari Polres setempat), Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

Semua peserta perlu mendaftar online terlebih dahulu melalui website penerimaan.polri.go.id. Setelah itu pendaftar perlu mengisi form registrasi, mengunggah berkas-berkas yang diperlukan, dan melakukan verifikasi di Polres Tabalong. Selanjutnya perhatikan bahwa batas waktu verifikasi paling lambat 4 (empat) hari, terhitung sejak pendaftaran online. Apabila lebih dari 4 (empat) hari maka secara sistem otomatis data pendaftar online terhapus pada pukul 24.00 wita hari keempat. Jika pendaftar akan melakukan verifikasi maka pendaftar harus mengulangi pendaftaran online kembali. Kemudian untuk memudahkan anda dalam pendaftaran online silahkan datang ke Polres Tabalong ke bagian Sumda untuk berkonsultasi.

Taruna Akpol untuk Akpol, tersedia kuota peserta didik sebanyak 175 orang (145 pria dan 30 wanita) dengan lama pendidikan selama 4 tahun dimulai 6 Agustus 2021. Pendidikan Akpol dipusatkan di Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah. Info selengkapnya bisa diakses di website Pendaftaran Taruna Akpol. Masa pendaftaran terhitung mulai tanggal 19 Maret sampai dengan 15 April 2021.

Kemudian Bintara Polri yang dibuka adalah Bintara PTU, Bintara TI, Bakomsus Perawat, Bakomsus Bidan dan Bakomsus Pramugari dengan masa pendaftaran terhitung mulai tanggal 19 Maret sampai dengan 12 April 2021

Adapun kuota peserta didiknya adalah 10.650 orang, terdiri dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus).

Pelaksanaan pendidikan dimulai pada 26 Juli 2021 dan berakhir pada 22 Desember 2021, sehingga lama pendidikan adalah 5 bulan. Tempat pendidikan akan berlangsung di SPN Polda untuk Bintara PTU dan Bakomsus di Sepolwan untuk Bintara Polwan. Untuk info lebih lanjut Anda bisa mengakses Pendaftaran Bintara. Kemudian untuk memudahkan anda dalam pendaftaran online silahkan datang ke Polres Tabalong ke bagian Sumda untuk berkonsultasi.

Selanjutnya Tamtama dibuka adalah Tamtama Brimob dan Tamtama Polair dengan Kuota Tamtama Polri yang akan diterima sebanyak 700 orang, dengan rincian 500 orang Tamtama Brimob dan 200 Tamtama Polair.

Pendidikan dibuka mulai 2 Agustus 2021 dan berakhir pada 29 Desember 2021, jadi lama pendidikan adalah 5 bulan. Lalu tempat pendidikannya di Tamtama Brimob di Pusdik Brimob Watukosek, Jawa Timur dan Tamtama Polair di Pusdik Polair Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kemudian untuk memudahkan anda dalam pendaftaran online silahkan datang ke Polres Tabalong ke bagian Sumda untuk berkonsultasi.

Saat ini Selasa (30/03) di Polres Tabalong animo yang sudah mendaftar menjadi anggota Polri dengan rincian Taruna Akpol 3 orang, Bintara Polri 51 orang dan Tamtama 1 orang dengan jumlah keseluruhan sebanyak 54 orang peserta pendaftaran untuk menjadi anggota Polri.

Polres Tabalong dan jajarannya sudah beberapa kali melaksanakan giat sosialisasi ke sekolah  – sekolah di SMA sederajat di Kabupaten Tabalong dan juga sosialisasi ke desa – desa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, selain memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi kami juga akan mensosialisasikan penerimaan Polri ke stasiun TV dan Radio yang ada di Kab. Tabalong. Sehingga informasi penerimaan anggota Polri Tahun 2021 dapat diketahui orang banyak.

Harapan kami dalam situasi kondisi pandemi saat ini, maka kita bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Tabalong. rel. Polrestab

Editor : Riyanmaulana tribuneplus.co.id

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •