7 Maret 2021

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Diduga Memiliki Senpi Ilegal, Warga Kecamatan Uya Ditangkap Polisi

TANJUNG,, tribuneplus.co.id ….ARD Warga Desa Santun Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong  berhasil di amankan kan petugas kepolisian pada hari Rabu 17/02 malam.

Ditangkapnya Pria ( 34 th )  oleh petugas gabungan  di rumahnya di desa santuun karena di duga memiliki senjata Api rakitan dan Amunisi aktif.

Kepada tribuneplus.co.id  Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.I.K., CFrA melalui Kapolsek Muara Uya  Iptu  Sutargo  saat di konfirmasi tentang  penangkapan  warga  yang memiliki Senpi Rakitan menjelaskan,

Penangkapan ARD bermula dari informasi yang didapat dari warga setempat bahwa ARD memiliki senpi rakitan laras panjang beserta amunisi aktif berbekal dari informasi tersebut, petugas gabungan unit jatanras satreskrim Polres Tabalong dan Polsek Muara Uya melakukan penyelidikan di lapangan.

Kemudian petugas berhasil mengamankan pria Inisial  ARD di rumahnya ssndiri,  usai dilakukan penggeldahan akhirnya petugas menemukan 1 butir diduga amunisi aktif yang disimpan dalam lemari yang ada didapur rumah.

Kemudian  Petugas pun melakukan interogasi kepada ARD dan mengakui bahwa  amunisi tersebut miliknya  kemudian senpi rakitan laras panjang miliknya dititipkan dirumah temannya yang ber inisial TMY warga Sempalang Kecamatan Jaro,

Mendengar hal tersebut petugas berbegas mendatangi  TMY dikediamannya di Kecamatan Jaro, dan senpi rakitan laras panjang milik  ARD berhasil disita petugas. Kini  ARD beserta barang bukti dibawa ke Polsek Muara Uya guna proses hukum lebih lanjut.

Masih menurut Kapolsek Muara Uya  menambahkan, dalam kepemilikan senjata api  bagi masyarakat Sipil telah di atur dalam undangan undangan dan perundangan lainnya,  masyarakat yang memiliki dan menguasai senjata api secata ilegal  akan di ancam hukuman

Penjara berdasarkan pasal 1 ayat 1  undang undang Darurat RI Nomor : 12 Tahun 1951. Penegakan hukum terhadap pemilik senjata api secara ilegal adalah bertujuan  memberikan pemahaman kepada masyarakat sipil sekaligus melaksanakan amanat  Undang Undang RI Tahun Nomor 12 Tahun 1951.  ( rel. Polrestab )

 

Editor : Riyanmaulana tribuneplus.co.id

 

 

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •