3 Desember 2020

Tribune Plus

Mimbar Masyarakat Kritis & Demokratis

Porprov IX HSS Terdampak Covid-19, Diundur ke 2022

 289 total views,  2 views today

Pendemi Covid-19 (Corona) secara global tidak hanya membuat jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bergeser ke tahun depan namun juga berimbas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX di Hulu Sungai Selatan 2021 nanti.

Rencananya olahraga Multi event empat tahunan di Banua ini bakal diundur selama satu tahun karena dianggap bertepatan dengan pelaksanaan PON XX Papua Oktober 2021 nanti.

Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Kalsel, M Fitrihernadi mengatakan Dispora Kalsel sudah melayangkan surat permohonan penundaan Porprov IX di HSS ke KONI Kalsel

Dalam surat bernomor 42 6/17 12-mprs. 2/dispora yang ditandatangani Kadispora Kalsel Hermansyah, Dispora Kalsel mohon pertimbangan pelaksanaan Porprov IX tahun 2021 karena memperhatikan perkembangan dan penyebaran Corona di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan yang masih belum reda sampai saat ini ini.

Corona berdampak terhadap rencana pelaksanaan Porprov IX yang Rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan terutama dikarenakan waktunya bersama dengan PON XX yang ditunda hingga tahun 2021 di Papua.

Alasan lain, kata Fitri, Covid-19 juga mempengaruhi penyerapan anggaran pada APBD provinsi Kalsel, APBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan penyiapan venue Porprov IX di Hulu Sungai Selatan.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas kami berharap KONI untuk membahas dan dapat memutuskan pelaksanaan Porprov IX akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 kiranya ditunda sampai dengan Tahun 2022 melalui mekanisme yang ditetapkan oleh Komite Olahraga Nasional Kalimantan Selatan,” ujar dia.

Fitri mengaku pihaknya pun menunggu hasil pembahasan KONI, biasanya melalui mekanisme Rapat Anggota KONI Provinsi (Rakonprov).

Sampai dengan saat ini, ungkapnya, Kejurprov yang mestinya dilaksanakan oleh cabor sebagai prasyarat untuk mengikuti Porprov belum bisa dilaksanakan oleh Pengrpov Cabor.

Apabila ternyata akhir tahun bisa dilaksanakan, anggarannya pun sudah dirasionalisasi untuk penanganan covid-19.

“Analisa kami dengan anggaran tersedia, kemungkinan cabor yang bisa melaksanakan Kejurprov tidak sampai 10 Cabor pada tahun ini, sehingga tahun 2021 harus tetap diadakan Kejurprov untuk persiapan Porprov XI di HSS,” ujar dia.

Rakonprov sendiri rencana April, tapi terkendala wabah covid-19 dan harus mengikuti protokol pencegahan covid-19.”Mudah mudahan KONI punya mekanisme yang cepat untuk menentukan keputusan pengunduran jadwal Porprov XI di Hulu Sungai Selatan,” sebut dia.

Sementara Ketua KONI Kalsel Bambang Heri Purnama mengakui sudah menerima surat permohonan pengunduran jadwal Porprov IX di HSS.

“Kemungkinan besar akan juga diundur karena waktunya bertepatan dengan PON. Juga ingin atlet lebih fokus dulu ke Pon sebelum bertanding di Porprov nanti,” pungkas dia. (banjarmasin post.co.id/Khairil rahim)

Bagikan Berita Diatas
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •